Ramadan Kareem!

Kalau ditanya sekarang, 2 waktu terbaik dari sepanjang tahun buat gue adalah masa Ramadan + Lebaran dan masa anak libur akhir tahun. Kesamaan antara keduanya adalah karena anak-anak libur sekolah. #mamahsupir libur dan bisa menikmati pagi hari minus grasa-grusu. Bisa punya lebih banyak quality time sama anak-anak dan Pandu (karena Pandu biasanya cuti). Bisa jalan-jalan tanpa harus buru-buru pulang karena mikirin besok anak-anak sekolah. Sekarang anak-anak belum resmi liburan sih, tapi ujian udah selesai dan sekolahnya tinggal main-main aja menunggu PTC (Parent Teacher Conference atau bahasa kita jaman dulu: bagi raport)

Dulu, waktu baru-baru punya anak, gue ngga menantikan saat-saat menjelang lebaran itu. Terdengar nggak religius ya. Tapi ngebayangin mbak pulang kampung, ngurusin 2 anak masih kecil, masak, nyuci piring (oh Tuhaan!), nyetrika dan beres-beres rumah. Lelaahh.

Sekarang? malah agak menantikan masa-masa mbak pulang kampung, karena rasanya bener-bener punya privacy hanya kita berempat aja. Kerjaan rumah tetep ada, tapi mungkin karena anak-anak udah gede dan juga cukup helpful bantuin beres-beres rumah, bikin hati hangat. Trus gue udah lebih jago masak dan manajemen dapur dibanding awal-awal nikah, daann terima kasih Go-Food! Sebenernya gue terhitung jarang pesen makanan dari Go-Food, tapi rasanya hati ini tenang aja karena tau kalo sampe ngga sempet masak, tinggal pencet-pencet apps, bisa punya makanan di meja makan.

Tahun ini Leandra belajar puasa. Kita nggak punya ekspektasi dia bisa langsung puasa full tahun ini. Jadi kasih target dia untuk puasa 1/2 hari. Hari pertama dan kedua buka puasa sekitar jam 1-2 siang, lalu lanjut lagi puasa sampe magrib. Hari ini tanpa disangka, malah bisa full puasa sampai magrib padahal sekolah. Ternyata temen-temen sekelasnya yang muslim juga puasa dan pada puasa full. Jadi Leandra ikutan semangat. Nggak mau makan bekelnya waktu jam makan siang. Good job, Leandra dan temen-temennya yang kasih pengaruh positif!

Nara keliatan lebih kalem dan easy going tahun ini. Seneng malah karena jam makan siang dan snack time bisa dipake buat main alih-alih harus ngabisin bekel Bunda. Huft, haha. Gue bersyukur mereka sekolah di sekolah umum dan punya temen-temen yang beragam agama, ras, suku bahkan value. Mereka belajar bahwa mereka puasa adalah sesuatu yang perlu mereka lakukan tanpa mengharapkan dapat perlakuan istimewa dari teman-temannya yang nggak puasa. Temennya makan di depan muka, ya biasa aja. Semoga mereka makin besar pun makin mengerti kalau berbeda itu memang fitrah manusia di dunia, bukan lalu ada golongan yang merasa dirinya lebih baik dari golongan yang lain tapi kita diciptakan berbeda-beda untuk saling mengenal dan menghormati perbedaan itu.

Secara pribadi, gue punya beberapa target untuk ramadan tahun ini antara lain pengen:

  • lebih bisa sabar menghadapi orang yang ‘sulit’
  • nggak ngomongin orang (musuh utama perempuan nggak sih ini? ini kayanya paling berat)
  • wasting less time untuk hal-hal yang nggak bermanfaat (target sebulan ini puasa sosmed, syukur-syukur bisa lanjut seterusnya)
  • beribadah lebih baik. Mulai dari yang sederhana seperti betulin dan bersungguh-sungguh waktu baca bacaan sholat, benerin tajwid dan konsisten baca Quran serta belajar untuk mengerti arti yang dibaca.

Minimal bisa segituuu aja dulu, kalo bisa nanti dapet hadiah deh (ATUR AJAA SENDIRI, TERSERAH! *yang baca kesel*).

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini yaa. Semoga kita semua diberikan kemudahan, kelancaran, berkah dan setelah selesai Ramadan nanti bisa menjadi manusia yang lebih baik terutama terhadap sesama. Even though I said it every year, I never truly understand the meaning of those words until now. Amiin.

Ramadan Kareem!

10 Comments

  1. arninta puspitasari

    May 30, 2017 at 2:27 pm

    kangen tulisan mba metaaaaa! ^^

    1. metariza

      May 30, 2017 at 5:22 pm

      Hai Ninta 😘😘😘 kangen juga ngeblog ngalor ngiduull, hihi

      Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan yaa Ninta n keluarga 😘

  2. Tami

    June 5, 2017 at 4:44 am

    Udah lama bolak balik kesini, ga nemu tulisan. Akhirnya tulisan mba meta ada lagi! Yeaay, welkam bek mbak 😚

    1. metariza

      June 10, 2017 at 5:43 am

      Hai Tami, makasih yaa udah mampir-mampir 🙏🏻 😘

  3. Florence

    June 9, 2017 at 10:07 pm

    Alo mba met.. kangen bangettt tulisan mba meta.. dan kangen mau liat nara leandra.. dulu2 masi bisa liat di IG kan.. boleh ya disisip2 poto2 juga di blog..

    1. metariza

      June 10, 2017 at 5:55 am

      Hai Flo, makasih yaa…
      Aku buat ig lagi dengan nama sama kok, hehe.

      1. florence

        June 19, 2017 at 12:20 am

        Okay aku follow ya mba..

  4. Ina Yurisa

    June 12, 2017 at 10:26 am

    Hai mba Meta ,
    Salam kenal, senang bisa baca blog mba meta dan keluarga…
    Keep blogging ya mba
    Ina

    1. metariza

      June 15, 2017 at 6:57 am

      Halo Ina,
      salam kenal juga. Makasih yaa

  5. Nyayu Miftahul

    August 8, 2017 at 12:47 am

    yeaaay akhirnya Meta nulis lagi, tadi iseng aja melipir kesini dan ternyata ada update, senangnya 😀

Leave a Reply